Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Perbedaan American Football dan Rugby

Diposting oleh Blog For Funz on Jumat, 05 Agustus 2011

Bagi mereka yang menyukai olahraga ini, American Football dan Rugby adalah olahraga yang sangat berbeda. Tetapi untuk mereka yang tidak terlalu mengenalnya, kedua olahraga ini dapat terlihat sangat mirip. Memang sulit bagi mata awam untuk membedakan kedua olahraga kontak fisik ini. Dan berikut berbagi berbagai hal mencoba untuk menjabarkan perbedaan American Football dan Rugby.






Asal Usul



Awal mula Rugby di Inggris diperkirakan berasal dari abad ke-19. Terbukti pada tahun 1800-an, Rugby sudah diperkenalkan di sekolah-sekolah terkenal di Inggris. Sementara American Football diperkirakan merupakan pengembangan lebih lanjut dari Rugby. Dikatakan bahwa orang Inggris membawa permainan ini ke Kanada pada akhir abad 19 yang kemudian menyebar ke Amerika. Pada saat itu keduanya tidak dibedakan seperti sekarang. Di Amerika, Rugby mengalami berbagai jenis modifikasi dalam teknis maupun peraturan permainan sehingga menjadi olahraga yang kini dikenal dengan American Football.



Letak Geografis



Seperti namanya, American Football biasa dimainkan di Amerika Utara sementara Rugby biasa dimainkan di Eropa, Australia dan Afrika.



Bola



Pada American Football bola yang digunakan adalah sebuah bola yang berbentuk bulat lonjong. Dengan ukuran panjang sekitar 28 cm (11 inci) dan ukuran lingkar tengah sekitar 56 cm (22 inci).






Pada Rugby bola yang digunakan adalah sebuah bola yang berbentuk bulat lonjong berbentuk mirip bola pada American Football namun cenderung lebih bulat. Dengan ukuran panjang sekitar 27 cm dan ukuran lingkar tengah sekitar 60 cm.






Alat Pelindung



Pada American Football, para pemain menggunakan alat pelindung yang berat.






Sementara pada Rugby, peralatan pelindung seperti helm dan padding yang digunakan cenderung lebih ringan dibanding pada American Football. Itu sebabnya pemain Rugby juga diajarkan untuk menjegal pemain lawan dengan aman.






Lapangan



Pada American Football lapangan yang digunakan berukuran panjang 120 yards (109,7 meter) dan lebar 53,3 yards (48,8 meter). Selain itu terdapat garis untuk menandai zona terjadinya gol, yang dimulai di dekat tiang gawang. Tiang gawang terdiri dari 2 tiang vertikal dengan palang yang menghubungkan mereka.






Pada Rugby lapangan yang digunakan berukuran panjang 100 meter dan lebar 70 meter. Seperti pada American Football, juga terdapat garis untuk menandai zona terjadinya gol, yang dimulai di dekat tiang gawang namun pada Rugby garis ini dinamai dengan garis-try. Selain itu juga terdapat zona tambahan, yang disebut end zone, sepanjang 10 yard (9 meter) di belakang garis gawang. Tiang gawang terdiri dari 2 tiang vertikal dengan palang yang menghubungkan mereka. Dalam rugby, zona terjadinya gol berakhir di tiang gawang. Jika pemain melampauinya, maka bola dianggap keluar.






Peraturan Permainan



American Football adalah permainan yang dimainkan antara 2 tim dan pada masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Pergantian pemain dalam American Football dapat dilakukan terus menerus dan tak terbatas. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak poin dengan cara membawa bola melintasi garis akhir zona lawan (disebut "touch down") atau menendang bola agar masuk di antara tiang gawang lawan. Sebuah touchdown akan bernilai 6 poin sementara tendangan bernilai 3 poin. Setelah setiap touch down, tim yang mencetak angka memiliki kesempatan untuk mencetak poin tambahan melalui tendangan ke gawang yang bernilai 1 poin atau touch down yang bernilai 2 poin.



Setiap tim mendapat 3 jatah time-out setiap setengah permainan. Permainan akan dimulai dengan kick off dimana kedua tim berbaris saling berhadapan. Pemain penerima bola dapat berlari membawa bola atau mengopernya. Pemain lawan dibolehkan untuk menjegal dan menjatuhkan pembawa bola, maupun pemain lain yang tidak membawa bola. Putaran akan selesai ketika pembawa bola berhasil dijatuhkan atau bola keluar dari batas lapangan. Setiap tim harus bergerak maju memindahkan bola sejauh 10 yard dalam 4 downs. Jika mereka gagal melakukannya, tim lain mendapat kesempatan. Jika mereka berhasil, mereka akan mendapatkan kesempatan lagi untuk bergerak maju sejauh 10 yard dalam 4 downs.



Rugby adalah permainan yang dimainkan antara 2 tim dan pada masing-masing tim terdiri dari 15 pemain. Pergantian pemain dalam Rugby dapat dilakukan sampai 7 pemain pengganti (tergantung pada aturan turnamen). Tujuan dari permainan ini adalah mencetak poin dengan membawa bola kemudian melintasi garis akhir zona lawan dan menyentuhkan bola ke lapangan (disebut "try") atau menendang bola agar masuk di antara tiang gawang lawan. Sebuah try akan bernilai 5 poin sedangkan tendangan bernilai 1 poin. Setelah setiap try, tim yang mencetak angka memiliki kesempatan untuk mencetak 2 poin tambahan melalui tendangan ke gawang.



Tidak ada time-out dalam Rugby. Permainan akan dimulai dengan kick off dimana kedua tim bersaing untuk merebut bola. Pemain dibagi menjadi pemain depan dan pemain belakang. Dimana pemain depan seringkali bertubuh lebih besar dan lebih kuat dan memiliki pekerjaan utama untuk merebut bola. Pemain belakang biasanya bertubuh lebih kecil, lebih cepat, dan lebih lincah dan ditugaskan untuk mengeksploitasi bola.



Pemain yang mendapat bola dapat berlari membawa bola, menendang, atau mengoper bola ke pemain lain. Namun, operan yang dibolehkan hanya operan ke samping dan belakang saja. Pemain lawan boleh menjatuhkan pembawa bola setiap saat. Namun, tidak diperbolehkan untuk mencegat seorang pemain dari tim lawan yang tidak membawa bola. Hal ini adalah alasan utama mengapa Rugby jauh lebih aman daripada American Football. Jika bola telah melewati garis gawang tim lawan, berarti sebuah try berhasil dicetak yang bernilai 5 poin.



Batas waktu



Pada American Football permainan dilakukan selama 4 quarter (kuartal) dimana 1 quarter berlangsung selama 15 menit, dan diselingi dengan jeda waktu setelah quarter kedua. Sedangkan pada Rugby permainan dilakukan selama 2x40 menit dengan waktu jeda diantara keduanya selama 5 menit.

ttp://al-teko.blogspot.com/2011/07/perbedaan-american-football-dan-rugby.html#ixzz1UAPEmzWC

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Artikel Terpopuler