Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Tips Memilih Kamar Kos yang Tepat

Diposkan oleh Blog For Funz on Rabu, 06 Juli 2011

Sekarang musim liburan, para lulusan SMA ramai ramai mengikuti ujian masuk universitas. Namun ada pula sebagian dari mereka yang sudah diterima sebelumnya melalui jalur PMDK, jalur undangan atau besiswa lainnya.

Jika berbicara tentang kampus atau mahasiswa, maka ada kata lain yang sering muncul di mainset kita tentang kehidupan mahsiswa, yani Kos. Biasanya para mahasiswa tinggal di kos karena letak kampus yang jauh dari rumah.

Mengapa kebanyakan dari mereka lebih memilih menyewa kos daripada menyewa apartmen atau kontrakan?

Karena dibandingkan dengan sewa apartmen,  biaya kos relatif lebih murah. dan jika dibandingkan dengan sewa kontrakan, fasilitas kos lebih memadai. Meskipun biaya sewa kontrakan relatif lebih murah (karena biasanya tinggal bersama teman) namun bisanya mahasiswa lebih memilih kos karena ada pengelolanya, ada petugas kebersihannya dan penjaga keamanannya.

Lantas bagaimana cara memilih kos yang tepat?

  1. Perhatikan Lokasi Kos dengan Kampus. Carilah kos yang jaraknya dekat dengan kampus agar dapat menghemat uang dan waktu serta tidak perlu terburu buru untuk berangkat kuliah. Jarak kos yang dekat dengan kampus juga sangat berguna apabila mahasiswa lupa atau ingin megambil barang yng tertinggal di kamar.
  2. Luas Kamar. Carilah kamar yng luas kir kira dapat menampung 5-6 orang. Biasanya mahasiswa mendapatkan tugas kelompok dari dosen dan para mahsiswa ramai ramai mengerjakan tugas tersebut di salah satu kamar anggotanya. Tidak hanya untuk kerja kelompok, kamr yang luas juga bisa dijadikan base camp bermain dengan teman teman.
  3. Pilih Kamar yang Terkena Sinar Matahari Pagi. Saat mencari kamar kos, perhatikan jendela kamar. Pilihlah kamar yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan dapat terkena sinar matahari pagi agar kmar tidak lembab.
  4. Fasilitas Air an Listrik. Pastikan air di kosan berjalan dengan baik, begitu juga dengan listrik. Listrik yang sering padam akan mengganggu kegiatan mahasiswa dlam mengerjakan tugas kuliah.
  5. Biaya Sewa. Pilihlah kamar kos yang sesuai dengan kocek rupiahmu. Jangan sampai karena niat awl kos untuk menghemat biaya, malah menjadi boros karena pilihan biaya kos yang melebihi budget.
Ayo untuk para calon mahasiswa sejak sekarang pikirkan matang-matang tentang rumah kos agar kehidupan  kampus tersa lebih menyenangkan meski jauh dari orang tua ^^hehe
 
 http://www.i-dus.com/2011/07/tips-memilih-kamar-kos-yang-tepat.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler