Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Seri Pengetahuan Umum: Mitologi Yunani Part 1 – Genesis & Titanomachy

Diposkan oleh Blog For Funz on Rabu, 12 Desember 2012


greek-gods
Kita mulai dari awal banget ya. Jadi menurut Hesiod dalam puisi epiknya “Theogony“, dulu itu di alam semesta ini gak ada apa-apa. Kosong gak jelas gitu ga ada juntrungannya kayak hati seorang jomblo. Menurut mitologi yunani, fase ini namanya Chaos. Nah pada suatu ketika, entah gimana caranya, tiba-tiba muncul lah…

Gaia

Yaitu dewi perwujudan dari Bumi. Ya pokoknya tiba-tiba muncul Bumi gitu deh ga tau asal muasalnya. Selain Gaia, ada juga Tartarus, yaitu goa gelap di bawah bumi yang bisa diibaratkan sebagai neraka di mitologi Yunani, Erebus, yaitu kegelapan di angkasa, dan juga Eros. Eros ini adalah dewa perwujudan nafsu kebinatangan semua makhluk hidup untuk beranak pinak. Dan karena ada si Eros, Gaia jadi kepengen nih… Lalu dia memuntahkan..

Ouranos 

Atau bisa juga disebut Uranus. Bukan ya, bukan planet. Bukan Sailor Uranus juga yang lesbian sama Sailor Neptunus. Ouranos ini adalah dewa perwujudan langit, dan sama Gaia diangkat lah dia menjadi setaranya. Jadi jatohnya bukan anak terus dijadiin suami gitu. Mungkin kayak si Gaia memecah diri kayak Manusia Iblis Bhu gitu jadi ada yang gendut sama yang kurus. Ato kayak Pikkoro memisahkan dirinya yang baik dan yang jahat. Halah ngelantur.
Anyway, menurut mitos, setiap malam bumi akan ditutupi oleh langit, yang artinya adalah si Gaia akan “ditutupi” oleh Ouranos. Dan mereka pun beranak. 6 laki-laki dan 6 perempuan. 12 anak mereka tersebut adalah yang terkenal dengan sebutan..

The Titans 

the titans
Eh maaf, gambarnya salah…
Bukan. Bukan The Titans yang itu. Itu band. Yang kita omongin sekarang ini adalah Dewa. Aduh itu nama band juga ya. Aduh maap nih lagi susah fokus.
Ya pokoknya The Titans ini adalah anak-anak dari Gaia dan Ouranos. Ouranos ini orangnya parnoan dan gak suka sama anak-anak. Dia cuma seneng bikinnya tapi gak seneng sama hasilnya, dan akhirnya anak-anaknya pun dibuang ke Tartarus.
Gaia, sebagai ibu yang baik pun menolong anak-anaknya yang dibuang sama bapaknya sendiri. Gaia membuat sebuah sabit, dan dikasi ke anak-anaknya buat ngelawan bapaknya. Tapi The Titans gak ada yang berani ngelawan bapaknya. Cuma satu yang berani, yaitu..

Cronus

Cronus adalah Titan yang paling muda, tapi juga yang paling ambisius. Karena pengen juga jadi penguasa, Cronus pun menerima sabit dari ibunya, dan ketika bapaknya lengah, diserang lah Ouranos pake sabit tersebut.
Setelah Ouranos kalah, Cronus pun memenjarakan Ouranos dan kroco-kroconya di Tartarus. Cronus dan saudara-saudaranya pun berkuasa. Terus Cronus pun juga menikah sama salah satu saudarinya yang bernama Rhea. Masa-masa ketika The Titans ini berkuasa adalah masa-masa keemasan di bumi, karena konon katanya semua hidup bahagia dan gak ada kejahatan.
Nah tapi, semua hal baik pasti akan berakhir. Gaia meramalkan kalo kekuasaan Cronus akan digeser oleh anaknya, seperti Cronus menggeser bapaknya untuk mendapatkan kekuasaan.
Gara-gara ramalan itu, Cronus pun jadi parno. Setiap kali Rhea melahirkan anak, anaknya pun di telen sama dia. Sampe 5 kali anaknya lahir, semuanya di telen. Sampai akhirnya Rhea pun gak tahan lagi sama kelakukan Cronus. Ketika anaknya yang ke-6 lahir, Rhea menipu Cronus dengan membalut sebongkah batu ke dalam selimut, dan ditelen lah batu yang dibungkus selimut itu oleh Cronus.
Sementara bayi tersebut disembunyikan oleh Rhea dengan memberikannya kepada Gaia, neneknya. Setelah bayi itu tumbuh dewasa, datanglah dia ke hadapan Cronus, dan setelah pertempuran sengit Cronus pun memuntahkan anak-anaknya yang pernah ditelan, yang sekarang sudah tumbuh dewasa selama dalam perut Cronus.
Setelah itu, terjadilah perang antara The Titans yang dipimpin Cronus, dan anak-anaknya Cronus yang dipimpin oleh si bungsu, Zeus. Perang ini dikenal sebagai Titanomachy, atau Clash of The Titans.
Nah sekarang kamu tau kan, film Clash of The Titans yang dimaenin sama Sam Worthington itu salah judul. Lalu, bagaimana hasil akhir dari Titanomachy tersebut? Siapa yang menang? Team Cronus atau Team Zeus? Anak-anaknya Cronus yang lain siapa aja sih? Semua pertanyaan kamu akan MBDC bahas pada kesempatan selanjutnya. Okesip.

http://malesbanget.com/2012/11/seri-pengetahuan-umum-mitologi-yunani-part-1-genesis-titanomachy/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler