Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Tips Menyusun Rencana Pendakian

Diposkan oleh Blog For Funz on Sabtu, 16 Februari 2013

Agar perjalanan di alam terbuka sesuai dengan rencana kita, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tidak semudah atau di anggap mudah untuk melakukan kegiatan perjalanan tersebut, semua haruslah tersusun dalam sebuah rencana yang matang. Berikut ini tips menyusun rencana pendakian.

www.belantaraindonesia.org

TUJUAN
Cobalah cari referensi tentang gunung yang akan kita tuju. Mulai dari peta, transportasi, kondisi geografis dan adat istiadat setempat.

WAKTU PENDAKIAN
Penentuan waktu yang tepat sangat menentukan keberhasilan pendakian, terutama untuk menghindari bahaya - bahaya obyektif seperti hujan, badai serta penyakit ketinggian dan gangguan dari binatang liar. Dan juga waktu yang di tentukan bisa di ikuti oleh semua anggota tim.

Di Indonesia, musim pendakian yang baik adalah pada bulan Juni - Agustus. Cuaca cerah karena musim kemarau serta bertepatan dengan liburan sekolah atau kuliah. Tetapi juga perlu diperhatikan tentang ketersediaan air di jalur pendakian, karena pada umumnya gunung - gunung di Jawa air tergantung pada saat musim hujan.

ANGGARAN KEUANGAN
Dalam menyusun keuangan beberapa hal yang harus di perhitungkan antara lain alokasi dana untuk perjalanan harus masuk akal. Buatlah anggaran terperinci untuk setiap bidang. Pengeluaran dan pemasukan uang hanya berhak dilakukan oleh satu orang, misalnyabendahara.

PESERTA
Tentukan koordinator perjalanan leader ). Bidang - bidang koordinasi, subkoordinasiseperti bidang dana, publikasi dan dokumentasi, perlengkapan akomodasi, logistik, medis dll.

Koordinator lapangan harus dipilih dari orang - orang yang berwibawa dan mempunyai pengalaman sebagai pemimpin yang mampu mengkoordinasi pendakian gunung tersebut.

PERIZINAN
Siapkan kelengkapan surat - surat yang dibutuhkan dan tempatkan dalam tas tesendiri agar mudah di ambil saat diperlukan.

Setiap daerah mempunyai peraturan perijinan yang berbeda dan tergantung juga pada sifat kegiatan yang akan dilakukan, untuk penelitian atau petualangan.

-Kopi identitas diri ( KTP Kartu Mahasiswa, Kartu Pelajar )
-Surat jalan dari Kepolisian setempat untuk keamanan
-Surat ijin dari pos pendakian

TRANSPORTASI
Lakukan survey, transportasi apa yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Sesuaikan dengan anggaran yang ada dan waktu yang di targetkan.

PERENCANAAN DI LAPANGAN
-Merumuskan jadwal yang terperinci, di susun khusus jam per jam.
-Menyusun strategi yang akan di gunakan dan rute yang akan di tempuh, serta tempat menginap.
-Keberhasilan suatu perjalanan di tentukan oleh kemampuan tiap anggota untuk belajar dan bekerja sama sebagai tim yang kompak.
-Perencanaan yang baik berarti mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien.

PELAKSANAAN DI LAPANGAN
Setiap peserta harus menuruti keputusan dari pimpinannya yang bertanggung jawab dalam kegiatan perjalanan tersebut. Diskusi mengenai masalah yang di hadapi dilakukan saat evaluasi.



http://www.belantaraindonesia.org/2013/02/tips-menyusun-rencana-pendakian.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler