Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Persiapan Fisik Sebelum Pendakian Gunung

Diposkan oleh Blog For Funz on Sabtu, 16 Februari 2013

Dalam perencanaan pendakian gunung dibutuhkan kekuatan dan daya tahan otot yang baik, serta memiliki kapasitas volume O2 maksimum ( VO2 Max ) yang baik. Hal ini perlu untuk mengatasi perbedaan kadar oksigen di suatu ketinggian, serta menghadapi beratnya beban yang dibawa.

www.belantaraindonesia.org

Persiapan fisik harus di lakukan untuk meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan kemudian menambah kekuatan fisik dan mental bagi pendaki gunung.

MELATIH KEKUATAN PERUT
Lakukan sit up secara rutin setiap hari sampai hitungan 10 - 25 kali untuk mengencangkan otot perut agar terhindar dari kram.

MELATIH KEKUATAN LENGAN DAN DADA
Lakukan push up secara rutin setiap hari sampai hitungan 10 untuk mengencangakn otot dan meningkatkan stamina tubuh.

JOGGING / LARI
Berfungsi melatih kerja dari pembuluh kapiler agar bekerja untuk meningkatkan daya tahan dan memacu kerja jantung sehingga meningkatkan VO2 Max. lakukan 2 - 3 kali seminggu dan selama 30 - 45 menit. karena persendian yang terlatih akan terjaga kekuatan dan kelenturannya karena lari banyak menggerakkan otot kaki sehingga terlatih dan dapat mengurangi resiko cedera.

JOGGING DENGAN BEBAN
Jogging dengan membawa beban tertentu untuk membiasakan dengan kondisi di lapangan yang sesungguhnya. Mengangkat beban dengan berat tertentu untuk melatih kekuatan dan kebugaran otot sehingga faktor fisik tidak menjadi permasalahan dalam perjalanan pendakian.

MELATIH KEKUATAN BAHU
Lakukan pul up secara rutin setiap hari sampai hitungan 10 - 25 untuk menguatkan otot bahu yang menjadi tumpuan beban ransel

LATIHAN ANGKAT BEBAN
Lakukan latihan angkat beban dengan barbel secara teratur dan berkelanjutan sehingga dapat dilakukan penambahan beban untuk mencapai hasil yang maksimal. Kemudian buatlah jadwal yang konsisten agar target yang akan dituju tercapai dengan baik, kemudian lakukan evaluasiuntuk mengetahui perkembangan fisik.


http://www.belantaraindonesia.org/2013/02/persiapan-fisik-sebelum-pendakian-gunung.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler