Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Dimensi Ukuran Kandang Ternak Kenari

Diposting oleh Blog For Funz on Sabtu, 17 November 2012


Pelanggan yang datang ke rumah sebagian diantaranya adalah calon peternak. Sebagian calon pelanggan yang belum sempat datangpun sering bertannya tentang Ukuran Kandang . Nah mumpung kebetulan di rumah sedang ada penambahan jumlah kandang sekalian saya share buat yang lain, barangkali ada manfaatnya.
BR belum menemukan survey berapa sesungguhnya ukuran kandang yang ideal. Menurut BR, makin besar ukuran kandang makin baik, karena akan semakin membuat leluasa indukan yang sedang berada di dalam kandang. Tetapi tentu saja hal ini sangat tidak disukai oleh peternak terutama yang memiliki lahan sempit. Beberapa peternak yang pernah BR kunjungi, kandang-kandang yang mereka miliki ukurannya beragam. BR nilai itu sah-sah saja, yang penting dapat membuat para idukan tetap dapat berproduksi dengan baik.
Inilah ukuran kandang versi BR :
Kandang tersebut memiliki dimensi 40 cm x 40 cm x 80 cm.
Bahannya adalah :
1. Triplek 9mm = untuk sekat horizontal
2. Triplek 12 mm = Untuk sekat vertikal
3. Kawat kotak berlapis plastik untuk bagian depan
4. Kawat nyamuk untuk bagian belakang
BR mencoba mendesain kandang dengan ukuran tersebut didasarkan atas perhitungan praktis dimana ukuran triplek itu berdimensi 122 cm x 244 cm.
Tahap pengerjaan dimulai dengan memotong triplek seperti ukuran pada gambar disamping. Gunakan triplek dengan ketebalan 12 mm digunakan untuk sekat vertikal sekaligus berfungsi sebagai tiang.
Sebaiknya memang untuk sekat bagian depan menggunakan jeruji kawat, akan terkesan lebih rapi dibanding dengan menggunakan kawat kotak. Tapi satu hal yang diwaspadai, area kandang harus benar-benar bebas dari tikus. Jangan sepelekan kepiawaian tikus. Tikus berukuran besar masih bisa memaksa masuk melewati jeruji kawat meskipun celahnya hanya 1 cm.
Kawat kotak 1 cm x 1 cm, berlapiskan plastik, tahan karat
Satu set kandang terdiri dari 12 kotak
Lampu dinyalakan sampai pukul 19.00
Untuk melekatkan kawat kotak untuk penutup depan dan kawat nyamuk untuk penutup belakang, jangan menggunakan paku. Sebaiknya menggunakan Gun Staples, selain pengerjaanya cepat juga lebih rapi. Bagian sisinya tutup dengan lis kayu yang banyak di jual di toko madura.
Malam hari dipasangi kelambu untuk menghindari nyamuk
Sebagai alas kakinya dibuat terpisah, bisa dibuat dari kayu atau besi. Tingginya cukup 20 cm saja. Jangan lupa siapkan wadah plastik di bawah setiap kaki kandang untuk diisi dengan oli agar semut tidak merambat ke kandang.
http://balekreatif.wordpress.com/2012/05/18/dimensi-ukurang-kandang-ternak-kenari/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Artikel Terpopuler