Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

4 Wilayah Perbatasan RI Yang Masih dalam Sengketa Panas di Dunia

Diposting oleh Blog For Funz on Sabtu, 04 September 2010


Pemerintah akan membicarakan empat  segmen dengan Komisi Bersama Tingkat Menteri terkait persoalan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang sedang memanas. 

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menjelaskan, masalah perbatasan yang saat ini menjadi sengketa kedua negara akan menjadi bahasan utama, selain hubungan bilateral.

Keempat segmen itu, kata dia, ada di Selat Malaka, Selat Singapura, Selat Sulawesi dan Laut Cina Selatan.

Marty menyerukan agar masyarakat bersabar dalam menanti hasil perundingan ini, karena perundingan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan dan selesai hanya dalam waktu sehari.

"Perundingan adalah suatu proses, tidak akan selesai dalam satu kali pertemuan. Sebagai contoh, perundingan perbatasan Indonesia dengan Vietnam memakan waktu hingga 32 tahun, perundingan terakhir yang telah selesai dengan Singapura memakan waktu lima tahun. Semua membutuhkan waktu," jelasnya.

Indonesia, menurut Marty, memiliki tim diplomasi lintas departemen yang kuat dengan Kementerian Luar Negeri sebagai juru rundingnya. Para delegasi dalam tim ini telah melakukan persiapan yang matang untuk melakukan perundingan tersebut.

"Saya yakin kita akan bekerja dengan baik dan mencapai hasil yang baik. Kita selalu konsisten akan mencapai hasil-hasil yang optimal," tegasnya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Artikel Terpopuler