Klik Satu Kali Itung2 Amal Gan

Baru Berusia 2 Tahun, Ethan Moss Memiliki 20 Tumor di Tubuhnya

Diposkan oleh Blog For Funz on Senin, 01 Agustus 2011

http://www.kagakribet.com/artikel/EthanMoss.jpg

Ethan Moss yang berusia 2 tahun menderita kondisi langka yang membuatnya memiliki puluhan kista di dalam tubuhnya.

Ethan yang lahir pada Maret 2009 ini didiagnosis dengan lymphangiomatosis pada usia 9 bulan. Kondisi ini membuatnya memiliki puluhan kista yang berkembang di dalam organ-organ tubuhnya dan termasuk 1 dari 500 balita di dunia yang memiliki kondisi tersebut.

Orangtua Ethan yaitu Nick dan Kelly Moss dari Winscombe, Somerset Inggris menuturkan bahwa anaknya telah menjalani puluhan tes sebelum akhirnya dokter memberikan diagnosis lymphangiomatosis. Dengan kondisi tersebut dokter memprediksi bahwa Ethan kemungkinan tidak bisa bertahan hidup hingga remaja.

Dokter pertama kali menyadari ada sesuatu yang salah dengan Ethan ketika ia berusia 20 minggu. Saat melakukan scan dokter menemukan adanya kelainan yang membuat kemungkinannya bertahan hidup hanya sebesar 50:50. Tujuh bulan kemudian ia didiagnosis lymphangiomatosis dan saat ini di Inggris belum ada obat untuk kondisi tersebut.
 
rare: An X-ray showing the cyst which have been growing on his left lung, oesophagus and pulmonary artery which carries blood from the heart to the lungs 
rare: An X-ray showing the cyst which have been growing on his left lung, oesophagus and pulmonary artery which carries blood from the heart to the lungs
“Hal ini mengerikan dan membuat kami shock. Tapi kami percaya bahwa kita benar-benar bisa membuat perbedaan untuk hidupnya kelak,” ujar sang ayah, Nick.

Nick menuturkan ada gumpalan kista pada organ tubuh, di dalam organ dan sekitar organ tubuh Ethan. Dokter tidak tahu persis berapa banyak kista yang ada, tapi diperkirakan ada sekitar 20-30 kista.

Fighting family: Ethan Moss with his parents Kelly and Nick who are desperate to raise money for a cure for their son 
 
Fighting family: Ethan Moss with his parents Kelly and Nick who are desperate to raise money for a cure for their son

Puluhan kista tersebut telah tumbuh di dalam tubuh Ethan sejak ia dilahirkan. Kista ini berada di paru-paru kirinya, kerongkongan dan arteri paru-paru yang berfungsi membawa darah dari jantung ke paru-paru.

Saat ini kista yang tumbuh di dalam tubuhnya memiliki ukuran yang tetap. Tapi ada kekhawatiran kista-kista ini bisa berkembang biak dan tumbuh lebih dari itu sehingga menyebabkan masalah yang bisa mengancam kehidupannya. Ada pula kekhawatiran lain bahwa kista-kista ini bisa meledak sehingga menyebabkan keluarnya cairan di dalam tubuh.

Nick dan Kelly berharap bisa membawa anaknya ke Amerika, yang mana spesialis di sana sedang melakukan pengujian untuk obat baru bagi lymphangiomatosis yang telah memiliki beberapa keberhasilan.

Tumor atau kista ini umumnya tidak bersifat kanker dan gejala yang muncul tergantung dari dimana tumor atau kista tersebut tumbuh, tapi kista ini tidak menyerang otak karena sistem getah bening tidak terdapat di otak.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler